Wujudkan Anak Usia Dini Cinta Agama, LSM CIB Gelar Lomba Khat Kaligrafi Tingkat SD/MI.

Kab. Cirebon, Bisikbisik.id – Secara etimologi, kaligrafi berasal dari bahasa Yunani. yakni kaligraphia atau kaligraphos, yang tersusun dari dua kata. kallos, yang artinya indah dan grapho memiliki arti tulisan. dengan demikian, kaligrafi dapat diartikan sebagai tulisan yang indah. sementara dalam bahasa Arab, kaligrafi disebut dengan khat. yang berarti dasar garis, coretan pena, atau tulisan tangan. sehingga, kaligrafi dapat dimaknai sebagai suatu ilmu yang memperkenalkan bentuk-bentuk huruf tunggal, letak-letaknya, dan cara merangkainya menjadi tulisan yang tersusun.

Peserta lomba kaligrafi. Bisikbisik.id

Sebelum agama Islam muncul di Arab, masyarakatnya banyak yang tidak bisa membaca dan menulis. mereka terbiasa dengan tradisi menghafal. masyarakat Arab yang bisa membaca dan menulis hanya berasal dari kalangan tertentu, seperti kalangan bangsawan. di sisi lain, sudah ada bentuk kaligrafi yang diciptakan oleh masyarakat Arab, tetapi bentuknya masih kuno. hingga era kedatangan Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW sampai dengan akhir dari Kekhalifahan Khulafaur Rasyidin, model kaligrafi masih dalam bentuk kuno. perkembangan seni kaligrafi mulai marak pada era pengumpulan naskah-naskah Al Quran untuk diseragamkan, beberapa tokoh yang mengembangkan adalah Zaid bin Tsabit dan Ali bin Abi Thalib. yang kemudian melahirkan jenis kaligrafi Islam seperti Al-Hairi, Al-Anbari, dan Al-Kufi.

Pada jaman sekarang, khat atau kaligrafi sudah diminati oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia. terutamanya anak-anak di usia sekolah, seperti SD, SMP, SMA/SMK sederajat, bahkan hingga perguruan tinggi. dan demi menumbuh kembangkan bakat “menulis indah” anak di usia dini, sebuah wadah lembaga bernama Lembaga Sosial Masyarakat Cakrabuana Indonesia Bersatu (LSM CIB) mengadakan Lomba Kaligrafi untuk tingkat SD/MI. sebanyak 250 peserta dari berbagai Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah mengikuti lomba ini, serta memperebutkan trophi piala, Medali, Sertifikat, dan uang pembinaan dari Ketua Umum LSM CIB. acara yang digelar pada hari Senin tanggal 12 Desember 2022, di mulai dari pukul 07 pagi hingga pukul 16 sore.

Peserta Lomba Khat Kaligrafi. Bisikbisik.id

Ditemui di sela-sela kesibukannya sebagai ketua panitia, Chandra yang juga merangkap sebagai kepala divisi pemuda dan olahraga di LSM CIB mengatakan kepada wartawan media ini. “alhamdulillah, acara ini terselenggara dengan lancar. semoga event-event seperti ini dapat ditiru oleh lembaga-lembaga lain, agar seni menulis indah atau kaligrafi ini semakin berkembang dan di cintai”, ujar Candra.

Sementara itu, ditempat terpisah, Ketua Umum LSM CIB Miryanto atau yang akrab di sapa “Kang Tato” sangat bersyukur dan memohon maaf kepada semuanya. dari panitia, peserta, pihak sekolah, pihak Pemdes Karangtengah Kecamatan Karang Sembung, dan warga sekitar. “kami bersyukur, akhirnya acara lomba kaligrafi ini berjalan dengan lancar. kami juga meminta maaf yang sebesar-besarnya, jika dalam pelaksanaan kegiatan ini kami banyak kekurangan. baik saat pendaftaran peserta, pelaksanaan, hingga penutupan. karena tak ada gading yang tak retak, semua pasti punya kekurangan”, ujarnya.
Ditambahkannya, “saya pribadi dan atas nama pimpinan Pusat DPP LSM CIB tidak lupa mengucapkan banyak-banyak terimakasih juga kepada semua pihak-pihak yang terlibat pada acara lomba kaligrafi kali ini, kepada para pengurus dan anggota LSM CIB disemua tingkatan. juga para donatur yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu namanya disini, saya ucapkan terimakasih”, pungkas Miryanto atau Ketum Tato di kantor sekretariatnya.

Sementara acara lomba kaligrafi ini melahirkan pemenang, juara 1 disabet oleh siswi kelas 6 SDN 3 Karang Tengah Silvi Rahmadhani. sementara juara 2 Siswa kelas 6 SDN 2 Karangsembung, juara 3 Siswi kelas 5 SDN 2 Karangsembung, dan juara 4 Sindi Amelia siswi kelas 5A dari MI Salafiyah kroya panguragan. semoga semua pemenang menjadi generasi-generasi yang agami, yang berguna bagi bangsa, agama, dan kedua orangtuanya. (Kusyadi).

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img