Kemana Dinas Pertanian Kab. Cirebon, Saat Taman Teknologi Pertanian Sedong Yang Diresmikan Pada Tahun 2016 Jauh Dari Azas Manfaat.

Kab. Cirebon, Bisikbisik.id – Pembuatan Taman Science Pertanian (TSP) dan Taman Teknologi Pertanian (TTP) di seluruh Indonesia, merupakan salah satu mandat yang di emban Badan Litbang Pertanian. TSP merupakan wahana untuk mengkaji dan menerapkan inovasi pertanian yang dihasilkan oleh Balai Penelitian Nasional sekaligus show window dan tempat peningkatan kapasitas pelaku pembangunan pertanian termasuk penyuluh dan petani, dengan demikian TSP lebih bersifat close system yang dikelola oleh instansi terkait. sedangkan Taman Teknologi Pertanian (TTP) adalah sebuah kawasan yang merupakan wahana implementasi inovasi aplikatif spesifik lokasi yang matang dari hulu ke hilir dengan melibatkan stakeholders terkait, serta berorientasi bisnis sehingga penyusunan bussiness plan untuk keberlanjutan kegiatan tersebut agar mandiri dan berlanjut dan tidak bersifat cost center menjadi sangat penting. untuk itu, perlunya dipikirkan aspek sustainability (keberlanjutan) program tersebut, dan agar TTP yang dibangun tersebut ke depan dapat mandiri dan tidak bersifat cost center. mengingat keterlibatan dan dana pembangunan TTP oleh Kementan (melalui Balitbangtan) yang dianggarkan untuk 3 tahun pada tahun 2016 lalu dapat disebut sebagai inisiasi awal, sedangkan keberlanjutannya merupakan tanggungjawab Pemda dan masyarakat serta stakeholder terkait yang terlibat.

Oleh karena itu pelibatan sektor swasta dari awal untuk terlibat dalam program tersebut baik untuk aspek investasi, perluasan skala usaha serta komitmen Pemda untuk kesinambungan kegiatan di masing-masing TTP menjadi sangat penting. TTP yang pada tahun 2016 di resmikan di Desa Windujaya Sedong Kabupaten Cirebon Propinsi Jawa Barat itu, merupakan salah satu dari 22 Taman Sains dan Teknologi Pertanian yang dibangun Kementerian Pertanian melalui Balitbang Pertanian. Pada acara di tahun tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Ir. Herman Khaeron, MSi., dan Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM., MSi. dalam rencana pembangunan jangka panjang dan menengah nasional 2015-2019, akan dibangun 100 Science and Techno Park (STP) atau TTP di tingkat Provinsi, dan TTP Sedong merupakan satu dari 16 TTP yang telah dibangun di tingkat kabupaten saat itu.

Tujuan utama TTP Sedong saat itu ditargetkan sebagai daya ungkit ekonomi dari usaha tani melalui penerapan teknologi di lokasi usaha tani petani, teknologi yang dipamerkan dan didemokan pada gelar teknologi meliputi bibit unggul, teknologi budidaya, teknologi pengolahan hasil pertanian, teknologi kesehatan hewan dan alat mesin pertanian dapat menjadi masukan bagi Pemda, penyuluh, dan petani untuk dapat diterapkan di wilayahnya masing-masing di Kabupaten Cirebon khususnya. sebagai pusat kegiatan di TTP Sedong, telah dibangun sarana dan prasarana pelatihan dan show window inovasi pertanian yang berada di blok Kalampayan Desa Windujaya, Kecamatan Sedong. sedangkan sarana dan prasarana telah disiapkan seperti ruang serba guna, kantor pengelola, gedung alsin, gedung pakan, gedung pengolahan, gedung rice milling unit, dan kandang ternak kambing dan domba. selaras dengan komoditas strategis Cirebon seperti gedong gincu turut dikembangkan, mengingat komoditas tersebut sampai ekspor.

Diawal Tahun 2023 sekarang, Taman Teknologi Pertanian (TTP) Sedong terlihat sepi. bahkan dari hasil penelusuran wartawan media ini pada Sabtu 7 Januari 2023, tidak terlihat pohon-pohon disana berbuah. kandang ternak kambing pun hanya ada beberapa ekor saja, begitupun kantor TTP, hanya terlihat seseorang yang saat ditanya hanya menjawab singkat. “sudah pada pulang, nggak ada siapa-siapa”, dan saat ditanya siapa yang berwenang disini. “biasanya pak Memed, tapi lagi nggak ada”, ucap orang tersebut. ketika disinggung pak memed anggota dewan bukan, orang tersebut menjawab “iya anggota dewan”. sementara saat dihubungi lewat pesan singkat chatting whatsapp untuk menanyakan daftar inventaris barang-barang dan hewan-hewan ternak yang ada di TTP Sedong saat ini dan siapa orang dari Dinas yang ditugaskan di TTP, Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon yang bernama Pancawala Sulistianto, ST. sampai berita ini diturunkan, tidak sedikitpun menjawab. hingga untuk melanjutkan pertanyaan ke seputar azas manfaat adanya TTP Sedong harus terhenti, dan menunggu penelusuran lanjutan dari wartawan media ini lebih lanjut. (Kusyadi).

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img